Tips supaya printer lebih awet dan tidak mudah rusak

Bayangkan disaat anda sedang butuh printer untuk mencetak dokumen penting kemudian perangkat printer tidak bekerja atau rusak. Sebelum semua itu terjadi, berikut adalah beberapa tips dan saran untuk membantu meningkatkan umur printer Anda.
.

Jaga printer tetap bersih
Untuk membantu proses pencetakan, toner dan printer tinta mengandung aditif seperti Polish, drying lubricants dan sebagainya. Timbunan kotoran debu atau tinta yang mengering dapat menyebabkan printer menjadi bermasalah dan menutupi reseptor penting di printer komputer Anda.
Sebaiknya menutup printer dengan taplak atau penutup lainnya bila tidak digunakan dalam waktu yang lama.
Jaga jangan sampai ada kotoran seperti sobekan kertas, biji staeples, bahkan debu.
Saya sarankan juga membersihkan bagian dalam printer, tapi untuk pengguna awam sebaiknya anda menyerahkannya pada teknisi printer saja, tapi bila anda ingin melakukannya sendiri, pastikan printer dalam keadaan mati (cabut stop kontak listrik) dan jangan gunakan air untuk membersihkan komponennya.

Jangan menarik kertas dengan kasar saat macet
Ketika kertas macet pada printer, sebaiknya tidak menarik kertas dengan kasar, tapi anda sebaiknya memperhatikan terlebih dahulu mungkin ada cara lain supaya kertas bisa keluar tanpa harus memaksanya. bila benar-benar macet, mungkin anda bisa membuka tutup pelindung atau penutup lainnya sehingga bisa menarik kertas dengan mudah, hati-hati dalam menarik kertas jangan sampai sobek atau tertinggal di dalam printer. Bila anda membuka penutup/pelindung printer pastikan untuk tidak memegang komponen yang mengandung listrik, atau sebaiknya anda cabut stop kontak terlebih dahulu.

Menggunakan printer sesering mungkin
Itu adalah saran dari sebagian besar produsen untuk menjaga perangkat printer lebih awet. Bila printer sering digunakan akan mencegah tinta printer dari menyumbat kepala yang dapat menyebabkan hasil yang buram atau warna memudar. Penggunaan rutin juga akan mencegah kotoran menetap dalam printer.

Kualitas kertas
Setiap kertas tampak persis sama dengan mata telanjang. Sebenarnya, kertas printer datang dalam banyak jenis. Salah satu kunci pengukuran untuk kertas adalah grammage atau kepadatan kertas. Kertas dengan kepadatan kurang atau kurang grammage seringkali lebih murah dan paling mungkin menjadi pilihan kebanyakan orang yang berusaha untuk menyimpan beberapa sen, kekurangannya adalah fakta bahwa kepadatan rendah, karena flimsiness nya, lebih cenderung menyebabkan kemacetan kertas, sesuatu yang Anda tidak ingin terjadi pada printer Anda. Grammage 90g/m2 merupakan standar umum untuk kertas berkualitas tinggi.

Menghindari Toner dan tinta murah / tidak sesuai
Ada banyak pilihan tinta dijual dipasaran, tapi saya sangat menyarankan anda untuk membeli tinta yang bagus dan sesuai dengan tipe printer anda.
Sebagian besar printer umumnya tidak menyarankan refil, tapi mereka lebih menyarankan konsumen untuk membeli kartridge saat tinta habis, mahal memang, tapi semua keputusan ditangan anda, lebih memilih biaya cetak yang murah tapi printer lebih mudah rusak atau biaya cetak mahal tapi printer awet.
Tips supaya printer lebih awet dan tidak mudah rusak Tips supaya printer lebih awet dan tidak mudah rusak Reviewed by IqbalNana on 01.23 Rating: 5
Tips Android, PC dan Video Hiburan | IqbalNana

Website IqbalNana berisi tips seputar aplikasi android & PC, video permainan, video hiburan, video lucu, template powerpoint, gambar animasi bergerak, gambar mewarnai serta informasi bermanfaat lainnya

Postingan Populer

Diberdayakan oleh Blogger.