Tips bila handphone Android Lambat / Lemot

gambar animasi bergerak android
Handphone android yang lambat / lemot biasanya diakibatkan oleh beban kerja android yang terlalu sibuk dalam mengoperasikan satu atau lebih aplikasi.

Pada android, tidak semua aplikasi aktif akan tampak atau ditampilkan, terkadang tanpa kita tahu banyak aplikasi yang bekerja di latar belakang, atau banyak aplikasi yang sebelumnya kita pakai tidak benar-benar tertutup sehingga membebani ram android.

Berikut beberapa tips untuk memperingan handphone android yang lambat / lemot.

1. Coba Restart handphone (matikan hidupkan lagi), bila tetap lambat, lanjutkan baca tips di bawah.

2. Cek task manajer (tombol kotak, di sebelah tombol home atau tombol bundar), tutup semua aplikasi yang aktif.

contoh task manager
contoh task manager

- Selanjutnya, untuk menutup aplikasi android, biasakanlah untuk menggunakan  Exit/Close/Keluar (tidak log out). Jangan menutup aplikasi dengan tombol home, karena hal tersebut hanya akan menyembunyikan aplikasi, sementara aplikasi akan tetap aktif di latar belakang dan akan membebani RAM, bila terlalu banyak aplikasi yang aktif akan membuat android menjadi lambat / lemot.

contoh close/exit app
contoh close/exit app

3. Bila ada, manfaatkan fitur manager tugas bawaan android (fitur ini terkadang berada didalam settings/pengaturan), tiap merk handphone bisa berbeda. Dalam aplikasi ini biasanya juga terdapat antivirus, pengelola data internet, membatasi aplikasi yang aktif di latar belakang, mengatur aplikasi yang autorun, task manager, mengatur perizinan, dsb.
Hindari instal aplikasi manajer android pihak ke tiga (biasanya berupa cleaner) karena biasanya malah menambah beban pada RAM, paling tidak, instal aplikasi cleaner lain 1 saja.
Saran: jangan nonaktifkan aplikasi/autorun aplikasi sosial media yang penting (misal: whatsapp) karena anda tidak akan menerima pemberitahuan bila ada pesan masuk.

contoh app/task killer
contoh app/task killer

4. Bila ada, manfaatkan fitur untuk membatasi/mengatur aplikasi yang aktif disaat handphone dinyalakan (autorun manajer). manfaatkan fitur bawaan, jangan instal app pihak ke tiga karena terkadang hanya menambah beban pada RAM.
Saran: jangan nonaktifkan autorun aplikasi sosial media yang penting (misal: whatsapp)

5. Matikan update otomatis (automatic update) di playstore
- matikan backup/download otomatis di WA
- bila memungkinkan matikan update otomatis sistem operasi / aplikasi sistem
- matikan aplikasi otomatis apa saja. Silahkan update secara manual saja.

playstore update otomatis dinonaktifkan
WA download otomatis dinonaktifkan

6. Bila tidak begitu penting, hapus aplikasi yang selalu aktif tapi jarang dipakai, contoh aplikasi chat/messenger, aplikasi sosial media, dan aplikasi lain.

7. Bila anda instal aplikasi baru dan kemudian sering ada iklan pop up yang keluar, hapus aplikasi yang baru diinstal tersebut. Hapus aplikasi "baru" yang tidak dikenal (Hati-hati, jangan hapus/nonaktifkan aplikasi penting), Sebisa mungkin untuk tidak instal/update aplikasi android selain di playstore.

8. Gunakan widget seperlunya, atau pakai yang penting saja, paling banyak 1-2 widget

9. Jangan gunakan wallpaper animasi (live wallpaper), lebih baik dan hemat battery pakai wallpaper statis. Bila hp anda memiliki layar amoled, akan lebih hemat battery lagi bila menggunakan wallpaper gelap.

10. Gunakan launcher bawaan, atau yang lebih ringan

11. Cek memori internal, sebaiknya pindah semua file video, foto, dan musik ke memori eksternal, sementara biarkan aplikasi tetap berada di memori internal.

12. Bila memungkinkan, nonaktifkan aplikasi bawaan hp android yang tidak terpakai menggunakan aplikasi pengaturan/settings - manajer aplikasi. (Hati-hati, jangan nonaktifkan aplikasi penting)

Masalah yang sering terjadi :

Android tetap lemot setelah menerapkan tips di atas ?

- Apakah android anda tipe lama? ICS/Jellybean ke bawah? ram di bawah 2 gb?
Handphone android lama dengan ram di bawah 2 gb cenderung lemot dan itu wajar, apalagi bila memori internal hampir penuh dan anda memiliki banyak aplikasi sosial media seperti facebook, instagram, bbm, wa, dsb.
Saran saya: jangan dipaksakan, coba kurangi aplikasi sosial media yang jarang dipakai (hapus/freeze/nonaktifkan), instal yg penting saja, atau bila ada instal aplikasi versi Lite.

- Apakah android anda sering keluar iklan pop up?
Ingat-ingat kapan pertama kali iklan tersebut muncul dan setelah instal aplikasi apa?. Hapus aplikasi tersebut.
Anda bisa mengatur/menghapus/nonaktif aplikasi di manajer aplikasi (pengaturan aplikasi). tapi berhati-hatilah untuk tidak menghapus/menonaktifkan aplikasi sistem.

Untuk kasus yang berat, aplikasi pengganggu tersebut kadang sulit/tidak bisa dihapus.
Saran saya: bila iklan tetap mengganggu dan anda mentok tidak bisa apa-apa lagi, sebaiknya bawa handphone ke service center atau tanya orang yang lebih paham. Lain kali jangan instal aplikasi aneh-aneh selain di playstore 😁

- Android anda adalah tipe terbaru dengan spek bagus (ram 3gb ke atas), sudah mencoba tips di atas tapi tetap lemot?
Baca lagi dengan teliti tips di atas, mungkin ada yang terlewat.
Bila yakin sudah semua tapi tetap lemot, sebaiknya bawa ke servis center atau tunjukkan pada orang yang lebih paham.
Bisa jadi ada hardware handphone (misal memori internal, dsb) yang tidak beres.

- handphone lambat hanya pada saat terkoneksi ke internet?
Hal tersebut bisa terjadi karena ada aplikasi yang aktif/sinkron otomatis saat koneksi internet nyala.
Coba cari aplikasi tersebut, bila tidak terlalu penting, nonaktifkan sinkron otomatis/update otomatis dan segala macam yang otomatis.
Coba baca lagi poin  3/4/5

Misalnya anda merasa bahwa handphone anda perlu di hard reset/flash ulang/diperbaiki di service center, ada baiknya anda bertanya terlebih dahulu pada teman yang lebih paham.

Demikian tips handphone android lambat / lemot, semoga bermanfaat dan semoga sukses.
Tips bila handphone Android Lambat / Lemot Tips bila handphone Android Lambat / Lemot Reviewed by IqbalNana on 01.24 Rating: 5
Tips Android, PC dan Video Hiburan | IqbalNana

Website IqbalNana berisi tips seputar aplikasi android & PC, video permainan, video hiburan, video lucu, template powerpoint, gambar animasi bergerak, gambar mewarnai serta informasi bermanfaat lainnya

Postingan Populer

Diberdayakan oleh Blogger.