9.4.19

Cara Mengatur dan Kompres foto di Android


gambar android
Foto yang dihasilkan kamera beragam kualitas serta ukurannya. Semakin tinggi piksel kamera "biasanya" kualitas fotonya juga semakin bagus, dan selaras dengan hal tersebut ukuran file foto juga lebih besar.
Untuk kamera DSLR, ukuran file untuk 1 foto umumnya sekitar 3 mb - 4 mb dan mungkin ada yang lebih dari ittu, tergantung setelan serta perangkat kameranya.
Untuk kamera hp android kelas menengah ( seperti hp saya 😁) file foto yang dihasilkan sekitar 1 mb untuk 1 foto, bila ada 100 foto berarti 100.000 mb, bila di hp ada 1000 foto berarti ada 1 gb yang terpakai untuk menyimpan foto, dan masalahnya tidak semua foto tersebut penting.

Berikut adalah Tips untuk mengatur dan mengkompres (kompres / compress = memperkecil ukuran) foto di hp Android
*Catatan optional : supaya aman, sebaiknya anda backup/copy semua foto/gambar/video penting ke laptop pc terlebih dahulu.

Mengatur foto / gambar / video
Kelompokkan foto/gambar/video berdasarkan penting tidaknya file tersebut. 
File foto penting dikumpulkan di folder foto penting, foto yang tidak terlalu penting tapi sayang bila dihapus juga kelompokkan di folder tersendiri, sedang file foto yang tidak penting sebaiknya dihapus saja. 
Anda bisa melakukan ini menggunakan aplikasi file manajer atau galeri foto.
Berikut beberapa aplikasi android untuk mengatur file yang mungkin bermanfaat untuk anda.
  • Files to sd card - Aplikasi untuk memindah file/folder dari memori internal ke external
  • Picture manager - Aplikasi untuk mengatur 1 kelompok gambar sekaligus (rename/ubah nama, memindah & mengelompokkan foto, dsb)
  • Cleaner for Whatsapp - Aplikasi untuk mengatur & menghapus file whatsapp (foto/video/dokumen, pesan suara, dsb)
  • Explorer - File manager alternatif

Mengkompres foto / gambar / video
Pada tips di atas saya menyarankan anda mengatur file sebelum dikompres. Setelah di atur, berikut aplikasi untuk mengkompres video tersebut
Demikian tips mengatur dan compres  foto di android, semoga bermanfaat

Update : beberapa aplikasi tersebut di atas mungkin sudah tidak ada di playstore, namun aplikasi sejenis pasti akan selalu ada.
Previous Post
Next Post

Author:

Blog Iqna

adalah blog yang berbagi informasi, tips, tutorial seputar android, windows, hiburan, game, dan Informasi menarik lainnya, Semoga Bermanfaat.