Cara mengurangi gangguan Iklan di Android

Cara mengurangi gangguan Iklan di Android Adanya iklan pada aplikasi android sebenarnya cukup dimaklumi, karena iklan tersebut berasal dari sponsor  yang menjadi sumber pendapatan pembuat aplikasi-aplikasi android.
Tapi ada beberapa iklan yang mengganggu, misalnya iklan pop-up atau iklan yang sering tampil pada notifikasi, apalagi bila iklan tersebut keluar diluar aplikasi atau  disaat penting.
Iklan yang berada dalam aplikasi resmi sulit dinonaktifkan, kecuali bila anda root android terlebih dahulu, tapi proses root bisa sangat berbahaya dan berpotensi merusak hp android anda.
Itupun iklan belum tentu bisa dihilangkan.
Saran saya, biarkan saja aplikasi yang memiliki iklan, selama iklan tersebut masih dalam taraf wajar dan tidak mengganggu aktivitas lain (di desktop).

Berikut adalah tips untuk mengurangi atau menghapus iklan yang mengganggu secara aman tanpa root.

1. Bila sebelumnya tidak muncul iklan, kemudian tahu-tahu bermunculan iklan yang mengganggu (contoh: popup), ingat aplikasi apa yang baru-baru ini anda instal, hapus aplikasi tidak penting dan mencurigakan, cek task manager, cek aplikasi pihak ke 3 yang selalu aktif. (Biasanya aplikasi gratisan, launcher, aplikasi hiburan, aplikasi download video, aplikasi download  mp3, dsb). Silahkan cari alternatif aplikasi lain dengan fungsi serupa dengan rating bagus/tanpa iklan.
2. Iklan kadang keluar dari browser internet (chrome, ucweb, dsb) lihat setelan browser, nonaktifkan iklan & notifikasi, hapus addon yang tidak penting
3. Nonaktifkan notifikasi / pemberitahuan aplikasi yang tidak penting. Beberapa hp android memiliki fitur ini, tapi beberapa android versi lama biasanya tidak memiliki aplikasi bawaan untuk mengatur notifikasi, silahkan jelajahi dan maksimalkan penggunaan fitur bawaan android anda (cek pengaturan, security, keamanan, manajer/mnjr ponsel, dsb), cari fitur pengatur notifikasi, pembatasan aplikasi & pengatur izin.
Catatan:
- Sebaiknya biarkan setelan aplikasi chat/messenger/email kecuali tidak anda perlukan.
- bila iklan muncul pada panel pemberitahuan, tekan 2 detik iklan, bila keluar pilihan untuk aktif/nonaktif pemberitahuan, nonaktifkan saja yang tidak penting.
4. Batasi aplikasi yang aktif dilatar-belakang & autorun, sama seperti no 3.
5. Untuk aplikasi tertentu yang penting,  pertimbangkan membeli/berlangganan aplikasi resmi berbayar yang bebas iklan.
6. Bila semua cara sudah dilakukan tapi iklan tetap keluar, atau anda menemukan aplikasi pemicu iklan dan tidak bisa menghapusnya (uninstall), saya sarankan anda membackup semua data/file pribadi dan membawa android anda ke service resmi terdekat.

Pencegahan
1. Hanya install aplikasi dari google playstore
2. Hanya install aplikasi penting yang dibutuhkan
3. Bila setelah install aplikasi kemudian sering keluar iklan terutama diluar aplikasi (misalnya pada desktop android), baiknya hapus saja aplikasi tersebut, instal aplikasi lain yang memiliki fungsi serupa.


Cara mengurangi gangguan Iklan di Android Cara mengurangi gangguan Iklan di Android Reviewed by IqbalNana on 23.11 Rating: 5

Postingan Populer

Informasi, Tips dan Hiburan | IqbalNana

Informasi menarik, tips bermanfaat, video hiburan, video lucu, video permainan, template powerpoint, gambar animasi bergerak, gambar mewarnai, dan banyak lagi

Diberdayakan oleh Blogger.