10.7.19

Facebook - Fakta Unik dan Menarik

gambar logo facebook Pastinya anda sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Facebook, bukan? Media sosial yang diciptakan oleh Mark Zuckerberg ini tentunya sudah sangat mendunia. Namun, untuk sebagian pengguna kemungkinan saja belum mengetahui beberapa fakta unik dan menarik seputar Facebook ini. Untuk mengobati rasa penasaran anda, maka berikut ini akan dipaparkan ulasan selengkapnya.

Nama pertama Facebook

Facebook yang anda kenal saat ini pada awalnya ternyata bernama thefacebook.com, yang hanya dapat diakses skala kecil saja di lingkungan kampus dimana tempat pendirinya itu mengenyam pendidikan, yaitu di universitas Harvard. Selain itu, sebelumnya Mark Zuckerberg juga telah bereksperimen dengan menciptakan facemash.com, yang dilakukan untuk membandingkan gambar mahasiswa yang cantik atau dapat dikatakan “hot” dengan yang tidak. Bagaimana ia melakukannya? Tentunya cara ini dilakukan dengan meretas database kampusnya, yang pada akhirnya membuat teman-teman dan pihak kampus merasa geram akan perbuatan yang dilakukannya, sehingga situs tersebut ditutup.

Mark Zuckerberg pun tidak menyerah sampai disitu saja, dan pada 11 Januari 2004 ia mendaftarkan domain bernama thefacebook.com yang dilakukan untuk melanjutkan ide sebelumnya. Di bulan Juni 2004, thefacebook.com telah memperoleh investasi pertamanya sebesar $500.000 dari Peter Theil, yang merupakan Founder PayPal. Nah, seiring perkembangannya, ternyata banyak pihak yang ingin sekali berinvestasi, dan akhirnya di bulan Agustus 2005 thefacebook.com mengubah namanya menjadi facebook.com seperti yang anda kenal saat ini.

Nama awal dari tombol “Like” pada Facebook 

Tentunya anda sering menulis komentar maupun hanya sekedar untuk menyukai status yang telah ditulis oleh teman Facebook anda, bukan? Namun yang perlu anda ketahui adalah pada awalnya tombol “Like” yang terdapat pada Facebook ingin diberi nama “Awesome”, tetapi akhirnya tombol “Like” yang dipilih jika anda setuju atau menyukai status dari orang lain yang ada di Facebook.

Warna biru pada Facebook

Pastinya anda bertanya-tanya bukan, mengapa Facebook berwarna biru, bukannya berwarna hijau, kuning, merah, atau warna lainnya. Ternyata jawabannya sangat mengejutkan, karena Mark Zuckerberg yang merupakan pendiri Facebook mempunyai kelainan, ia buta warna merah dan hijau, namun ia hanya mengenali warna biru saja. Maka dari itu, warna yang dipilih pada media sosial buatannya adalah warna biru.

Facebook tahu di mana anda berada ?

Tahukah anda bahwa aplikasi Facebook Messenger kabarnya memungkinkan Facebook mengetahui di mana anda berada, yang pasti setiap waktu. Walaupun ada pengaturan yang dapat mematikan fitur lokasi pada aplikasi ini, namun Facebook akan tetap memantau anda. Tentunya mereka bisa dengan mudah menemukan anda dengan hanya melihat peta digital yang telah terhubung langsung dengan Facebook Messenger. 😞 wah.. mudah-mudahan cuma rumor..

Pengenalan wajah

Saat teman menandai anda dalam foto yang telah diunggah ke Facebook, tentunya foto tersebut akan masuk ke dalam tumpukan gunung data miliki Facebook. Media sosial ini mempunyai bot yang disebut Al, yang bermanfaat untuk melakukan pola yang disesuaikan dengan wajah anda. Diklaim bahwa Algoritma Facebook mempunyai keakuratan tinggi hingga 98%. Bahkan dalam setiap foto yang diunggah, Facebook sudah semakin akurat saja dalam hal pencocokan wajah.

Itulah beberapa fakta unik dan menarik seputar Facebook yang perlu anda ketahui. Semoga berbagai informasi yang telah dipaparkan di atas bisa bermanfaat maupun dapat menambah wawasan anda lebih jauh lagi mengenai aplikasi Facebook ini.

Previous Post
Next Post

Author:

Blog Iqna

adalah blog yang berbagi informasi, tips, tutorial seputar android, windows, hiburan, game, dan Informasi menarik lainnya, Semoga Bermanfaat.