2020-01-21

Tips mengirim video di whatsapp atau media sosial lain

Berbagi adalah aktifitas yang menyenangkan, karena dengan berbagi, kita bisa membuat orang lain yang sebelumnya tidak tau menjadi tau, bisa membuat orang lain tertawa senang, bahkan bisa membuat seseorang menangis terharu.
Salah satu media informasi yang paling efektif adalah video, akan tetapi karena ukuran dan durasinya, beberapa aplikasi komunikasi biasanya memberikan batasan dalam mengunggah file video.
Yang dimaksud dg aplikasi komunikasi di sini antara lain : aplikasi chat (WA, telegram, dsb), aplikasi Email (gmail, ymail, hotmail, dsb). Bahkan media sosial seperti facebook, twitter, dsb juga memberi batasan ukuran file maupun durasi video yang diunggah.

Berikut 4 tips berbagi video di whatsapp atau media sosial lainnya.

1. Mengkompres ukuran video sebelum mengirimkannya.
Ukuran video yang besar tentunya akan membuat proses upload semakin lama dan juga boros kuota data, selain itu, aplikasi chatting seperti whatsapp umumnya membatasi ukuran file video yang diunggah, maksimal sekitar 16 mb, lebih dari itu, anda bisa bisa mengirimnya menjadi beberapa bagian, yang tentunya akan ribet dan kurang nyaman bagi penerimanya.

Untuk mengkompres atau memperkecil ukuran video, anda bisa menggunakan aplikasi kompres video yang akan dijelaskan lebih lengkap di halaman berikut

Kekurangan
*perlu diketahui, dengan mengkompres video, maka kualitas gambar video tersebut akan lebih buruk dari aslinya.
*Untuk video durasi panjang, anda mungkin tetap perlu memecahnya lagi menjadi dua atau lebih.

2. Membagi/memecah durasi video menjadi beberapa bagian.
Aplikasi mesenger seperti whatsapp, selain memberikan batasan ukuran file/video, juga memberikan batasan durasi, khususnya bila anda ingin mengunggah video sebagai status.
Solusinya adalah, anda bisa membagi video tersebut menjadi beberapa bagian dan mengirimnya pada status atau kontak WA anda.
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
a. Unduh aplikasi WFVS di playstore, lalu buka
b. Pilih menu Set full video status
c. Pilih video
d. Splite
e. Pilih whatsapp
d. Pilih Status atau kontak
e. Kirim

3. Mengirim sebagai file dokumen.
Bila anda malas mengkompres atau tidak ingin memecah video, anda bisa mengirimkan file video langsung ke whatsapp dalam bentuk file dokumen, syaratnya adalah ukuran file video tidak bisa lebih dari 100 mb
Caranya :
a. Buka aplikasi WA
b. Pilih kontak/group yang dituju
c. Buka menu unggah (disebelah kiri gambar kamera)
d. Pilih dokumen
e. Pilih file video
f. Kirim

*kekurangannya, cara ini tidak bisa diterapkan pada status.

4. Mengupload video di youtube lalu membagi link video di WA
Bila anda suka membuat video sendiri untuk dibagi, video tersebut menarik, asli karya sendiri berikut musiknya, saya sarankan untuk upload video tersebut di Youtube, karena selain link video tersebut bisa dibagi di Whatsapp, karya anda mungkin  disukai banyak orang dan mendapatkan banyak viewer / subscriber yang selanjutnya bisa anda monetized atau menghsilkan uang darikembali video anda.

*Video Youtube belum bisa dijadikan status

Demikian Tips mengirim video di whatsapp dan media sosial, semoga bermanfaat.

Tips Terkait ...
Previous Post
Next Post

Author: