Aplikasi Telepon di Android

Mei 03, 2020
Walaupun termasuk pada perangkat yang memiliki banyak fungsi, smartphone android pada dasarnya adalah perangkat yang dibuat sebagai alat komunikasi. 
Fitur dan aplikasi komunikasi dalam smartphone antara lain:
  • Telepon 
    Telepon adalah fitur utama pada smartphone yang berguna untuk melakukan panggilan suara atau melakukan komunikasi dua arah dengan pengguna telepon lain yang berada di tempat berbeda. Walaupun saat ini kita sudah bisa melakukan panggilan suara menggunakan aplikasi telepon internet, tapi fitur telepon seluler tetap berguna karena bisa digunakan untuk melakukan panggilan walaupun tidak ada jaringan internet, atau walau penerima telepon tidak terhubung ke internet. Fitur ini tersedia pada smartphone tanpa tambahan aplikasi.
  • SMS dan MMS
    Short Message Service atau SMS adalah layanan pengirim pesan pendek yang berupa teks. Saat ini layanan ini jarang digunakan kerena para pengguna smartphone sudah banyak yang menggunakan aplikasi messenger (aplikasi chating: WA/fb messenger/Line/dsb), walaupun demikian, fitur pengirim sms tetap berguna untuk berkirim pesan ke handphone yang tidak terhubung ke jaringan internet. MMS adalah fitur yang memungkinkan penggunanya untuk berkirim pesan multimedia (Gambar, video, dsb). Fitur ini tersedia pada smartphone tanpa tambahan aplikasi. Mms membutuhkan jaringan data internet yang aktif (4G/3G).
  • Buku telepon 
    Aplikasi buku telpon biasanya bernama Kontak, aplikasi ini berguna untuk menyimpan nomor telpon, nama, dan keterangan lain, seperti alamat, email, foto pemilik kontak, dsb. Aplikasi buku telpon android bisa menyimpan ribuan nomor kontak sesuai kapasitas penyimpanan. Aplikasi buku telpon/kontak biasanya menjadi satu dengan aplikasi telpon seluler dan sms. Pada smartphone android, buku kontak telpon bisa disinkronkan dengan akun kontak google, sehingga bila suatu saat anda mengganti perangkat smartphone, atau smartphone direset ulang, nomor-nomor kontak anda bisa dikembalikan atau tidak hilang sepenuhnya. 
  • Selain aplikasi pemanggil (telpon, sms dan kontak bawaan), pada google play store juga tersedia aplikasi pemanggil pihak ketiga. Aplikasi tersebut biasanya dilengkapi dengan fitur yang tidak ada pada aplikasi bawaan. Contoh aplikasinya seperti berikut : 
    • TrueCaller
      Truecaller adalah aplikasi telepon/pemanggil alternatif. Walaupun memiliki kegunaan yang tidak berbeda jauh dengan aplikasi telepon bawaan, dalam aplikasi ini juga tersedia fitur-fitur tambahan seperti spam blocker otomatis (blok nomor spam otomatis), identifikasi nomor telpon yang mencurigakan, dsb. Silahkan baca deskripsi lengkapnya pada playstore : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.truecaller
    • Google contact.
      Google contact adalah aplikasi kontak yang dibuat oleh google. Bila anda merasa aplikasi kontak smartphone kurang simple atau tidak sinkron dengan akun google kontak, silahkan coba aplikasi ini. Baca selengkapnya di google playstore : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.google.android.contacts

Demikian sekilas ulasan aplikasi telepon di android, semoga bermanfaat

Share this :

Previous
Next Post »