14.10.20

Smartphone Android Terbaik yang Pas di Kantong - Tips Sebelum Membeli yang Baru

Smartphone (ponsel pintar) adalah perangkat nirkabel yang sangat digemari saat ini. dengan satu perangkat Smartphone anda bisa bertelekomunikasi, mencari/membaca informasi, hingga mendapatkan hiburan. Bila dibandingkan dengan perangkat elektronik lain yang hanya memiliki beberapa fungsi, smartphone bisa disandingkan dengan perangkat komputer yang memiliki puluhan hingga ratusan fungsi. hal ini memungkinkan karena dalam perangkat smartphone telah tertanam puluhan fitur (seperti telepon, perpesanan, kamera, gps, dsb) dan juga didukung oleh ribuan aplikasi, sehingga makin memperbanyak fungsi dari smrtphone. dari sini saya yakin anda sudah paham, dan tidak perlu dijelaskan lebih panjang lagi tentang smartphone.

Kembali ke topik utama, misalnya anda ingin membeli smartphone android baru, yang terbaik, pas dikantong, tapi anda gaptek, apa yang sebaiknya dilakukan?

  • Yang pertama, anda baiknya bertanya / mengajak teman yang paham teknologi tapi bijak saat merekomendasikan Smartphone.
    Banyak orang pintar, tapi sedikit yang bijak dan baik, sebagian besar manusia memiliki kepentingan sendiri, minimal dia punya ego. Contohnya, anda bertanya tentang suatu produk pada sales marketingnya, dia pasti akan mati-matian meyakinkan pada anda bahwa produknyalah yang terbaik, entah memang terbaik atau tidak, bisa saja dia tidak perduli, yang penting dia dapat keuntungan, nah.. orang fanatik seperti inilah yang sebaiknya anda hindari bila bertanya tentang  smartphone. Jadi kalau bisa, carilah teman yang paham tekhnologi, tapi dia netral dan memiliki itikad menyarankan produk terbaik yang dia tahu.  

  • Mencari informasi Merk Smartphone terbaik
    Mengapa memperhatikan merk? bukan harga? bukankah harga mahal artinya barang bagus? Merk adalah jaminan kualitas, produk bermerk memiliki standar kualitas produk yang lebih baik daripada produk yang tidak bermerk, produk dengan merk yang terkenal bagus, maka 95% produk dg merk sama juga akan bagus. Produk bermerk yang terkenal biasanya mahal, tapi produk mahal belum tentu bermerk/original. Berikut adalah tips mencari informasi merk smartphone terbaik secara online
      screenshoot gsmarena
    • Buka website komparasi smartphone, sebagai contoh di sini adalah www.gsmarena.com, saya sarankan anda menggunakan Laptop/PC saat browsing
    • scroll ke bawah, Perhatikan sidebar di sebelah kiri
      Daftar Top 10 Smartphone Terbaik berdasarkan Fans (Penggemar) per tgl 14 Oktober 2020
    • Scrool ke bawah, perhatikan sidebar di sebelah kiri, perhatikan barisan Top 10 by Fans, itu adalah informasi produk smartphone terbaik dengan jumlah Fans terbanyak, semakin banyak rating dari Fansnya, tentunya produk tersebut layak untuk kita perhatikan, catat saja merk dan typenya untuk kita cari tahu kelebihan/kekurangan lebih lanjut. perlu diperhatikan, daftar tersebut adalah berdasarkan rating Fans, dan akan berubah sesuai respon Fans-nya
    • Anda bisa mengetahui spesifikasi smartphone dengan memilih link produknya
    • Anda bisa membandingkan satu smartphone dengan smartphone lainnya menggunakan fasilitas Search / Pencarian
      Catatan : anda mungkin berfikir data diatas palsu / rekayasa, informasi di atas hanya contoh, silahkan kroscek di website komparasi yang lain
  • Memahami Spesifikasi Smartphone
    Spesifikasi Smartphone adalah salahsatu informasi yang wajib anda ketahui dalam memilih smartphone, bila ada waktu, sempatkan untuk membandingkan serta mempelajari spesifikasi smartphone sesuai kebutuhan anda.
    Contoh komparasi, silahkan simpulkan sendiri yang terbaik, silahkan kroscek dengan website komparasi yang lain bila kurang puas dengan hasilnya.
  • Mencari informasi Harga Smartphone terbaik sesuai Budget
    Harga tidak bisa dijadikan standar kualitas suatu barang, barang dengan kualitas menengah bila dibandrol dengan harga mahal, bisa saja terlihat sebagai barang mahal, tapi kualitasnya belum tentu lebih baik dari barang ori bermerk dengan harga yang terkadang malah lebih murah.  Mencari informasi harga smartphone tidak terlalu sulit, saran saya, tentukan dulu merk yang anda suka, buka website/aplikasi marketplace (Tokopedia, Shopee, BL, dsb), ketik merk smartphone, filter berdasar harga, tentukan harga berdasarkan budget. Harga di marketplace mungkin berbeda dengan harga real toko di kota anda, tapi tidak akan selisih terlalu jauh, paling tidak, anda tahu type dan smartphone apa yang tersedia dengan budget yang anda miliki. Saran saya, jangan hanya memilih satu type saja, tapi tentukan type alternatif bila type terpilih tidak tersedia.
    gambar di atas hanya contoh, silahkan search dengan keyword merk smartphone lain, dan atur filter sesuai kebutuhkan
  • Pertimbangkan toko tempat membeli
    Selama kita membeli produk di tempat yang tepat (toko official, toko dengan reputasi bagus/terjamin/terpercaya) maka entah anda membeli berdasarkan merk ataupun berdasarkan harga, saya rasa tidak jadi masalah. Tapi bila ada banyak rekomendasi toko dan anda tidak tahu sebaiknya beli dimana, Ada baiknya anda bertanya atau membandingkan produk bermerk + harga antar toko. Ingat, harga tidak bisa menjadi dasar, tapi perhatikan kualitas barang, dan layanan lainnya (garansi, asal produk, dsb). Untuk produk Smartphone, bila memungkinkan, belilah langsung secara offline di toko (lebih baik lagi di toko officialnya), tapi bila anda lebih suka beli online (karena masa pandemi/pertimbangan lain) hal tersebut juga boleh selama anda paham dengan resikonya. Ingat, sebisa mungkin beli di Toko Official atau toko yang memiliki reputasi bagus. Untuk toko online, anda bisa menilainya dari respon atau testimoni pembeli lain.

Tips dari saya Pribadi

  • Bila anda memiliki budget yang besar, silahkan pilih merk terbaik dengan spek tertinggi dan fitur terlengkap
  • Bila budget pas-pasan, saya jarang memperhatikan spek Chipset/CPU, saya hanya menentukan Merk terbaik, Ram yang cukup untuk kebutuhan (rekomendasi Ram 4 gb utk main game), kamera dengan MP besar (minimal 16 MP ke atas bila suka fotografi), Memory internal storage yang lega (rekomendasi 32 GB ke atas, lebih besar lebih baik), Kapasitas battery yang besar (minimal 4000 Mah, penting terutama bagi yang sering berada dalam perjalanan dan kesulitan akses recharge), Slot SIM (single/dual), slot micro sd, versi Android minimal Lolipop ke atas, bila suka bermain game 3D atau nonton video 3D menggunakan Cardboard pastikan Smartphone dilengkapi accelerometer, gyro dan proximity, fitur lainnya sesuaikan dengan kebutuhan.
  • Dengar Saran dan Testimoni orang lain yang pernah membeli produk tersebut, silahkan surfing untuk mengetahui kelebihan dan kekurangannya, maaf saya kurang suka membandingkan atau membahas kekurangan produk (^_^ ) 

Demikian sedikit Tips Cara Menentukan Smartphone Android Terbaik yang Pas di Kantong Sebelum Membeli yang Baru, semoga bermanfaat

[Iqna - UniekManfaat]
Previous Post
Next Post

Author:

Blog Iqna

adalah blog yang berbagi informasi, tips, tutorial seputar android, windows, hiburan, game, dan Informasi menarik lainnya, Semoga Bermanfaat.