2020-10-07

Tips Merawat Tas Fashion Wanita Branded agar Awet dan Selalu Terlihat Baru

Memiliki tas bermerk menjadi tantangan tersendiri bagi Kita. Bagaimana tidak, Kita harus melakukan perawatan dengan benar agar tas tersebut tidak cepat rusak dan kusam. Terutama jika tas Kita dari merek terkenal yang harganya lumayan mahal.
Tips Merawat Tas Fashion Wanita Branded agar Awet dan Selalu Terlihat Baru
Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa tips perawatan tas yang bisa Anda lakukan. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Kenali Jenis Material dan Lindungi
Tips pertama yang harus Anda lakukan adalah mengenali jenis bahan material dari tas itu sendiri. Dengan cara ini, Anda akan bisa mengetahui bagaimana cara perawatan yang tepat pada tas branded tersebut. Sebagai contoh, tas branded Anda terbuat dari kulit. Material kulit itu sendiri masih terbagi lagi menjadi beberapa macam seperti kulit autentik (full grain), bonded leather, sintetik, aniline, hingga patent leather.
Untuk mencegah tas menjadi kotor, tidak ada salahnya Anda mengaplikasikan krim pembersih tas yang sesuai dengan material tas. Caranya adalah dengan menggunakan kain katun yang bersih baik saat pengaplikasian maupun saat mengelapnya ketika selesai. Namun, sebelum digunakan ke seluruh bagian tas, terapkan pada bagian bawah tas terlebih dahulu.
Hal ini untuk mengetahui apakah krim tersebut benar-benar cocok untuk tas branded milik Anda. Untuk bagian resleting atau pengunci tas yang terbuat dari metal, Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan cairan pembersih rumah tangga yang kerap dipakai untuk mengelap kompor. Aplikasikan secara hati-hati dan perhatikan perbedaannya, bisa terlihat bahwa bagian tersebut akan terlihat lebih mengkilap. 

Cara Penyimpanan yang Benar
Tips kedua yang harus Anda lakukan agar tas fashion wanita branded milik Anda tetap awet adalah dengan memperhatikan cara penyimpanannya. Faktor utama yang harus diperhatikan adalah suhu tempat tas tersebut disimpan. Usahakan ruangan tersebut tepat sejuk dan kering, misalnya dengan menyimpannya di ruangan ber-AC.
Agar tas tersebut tetap awet dan terlihat baru, hindari menyimpan di tas plastik atau vinyl. Sebab, bahan tersebut akan mengunci kelembaban sehingga mudah berjamur. Sebaiknya masukkan tas dalam kantong khusus (dustbag) namun usahakan tidak menutupnya terlalu rapat agar sirkulasi udara tetap terjaga.
Cara penyimpanannya juga tidak boleh sembarangan, misalnya dengan cara menumpuknya. Lebih baik, sediakan lemari khusus dengan sekat agar tas bisa ditaruh dengan posisi berdiri. Atau, masing-masing tas dimasukkan dalam kotak khusus. Bila perlu, masukkan kertas pengganjal agar bentuk tas tidak berubah. Jika tas tidak akan digunakan dalam jangka waktu lama, sebaiknya lepas juga tali selempangnya dan simpan di tempat yang terpisah. 

Perawatan Harian
Tas branded milik Anda juga membutuhkan perawatan harian untuk mencegah tas tersebut cepat rusak dan kusam. Anda bisa melakukan beberapa aturan sederhana yang harus Anda patuhi agar tas branded Anda tetap awet.
Misalnya, dengan menghindari penggunaan cairan pembersih rumah tangga untuk permukaan tas. Lebih baik, gunakan produk pembersih khusus yang sesuai dengan material tas fashion wanita branded tersebut. Untuk bagian dalam tas, Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan lap kering. Selain itu, pastikan untuk selalu mengosongkan isi tas sebelum menyimpannya.
Aturan sederhana lainnya adalah tidak menyentuh tas branded Anda ketika baru menggunakan pelembab atau saat kondisi tangan sedang kotor. Usahakan tidak menjemur tas di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung. Agar tidak cepat rusak, Anda bisa menggunakan tas branded secara bergantian misalnya 2-3 kali dalam dua minggu. 

Segera Bersihkan Noda
Pada saat digunakan, terkadang secara tidak sengaja tas branded Anda terkena noda. Agar noda tersebut tidak melekat, Anda harus segera membersihkannya. Jika terkena tumpahan air, minyak, makanan, atau tinda, sebaiknya hindari membersihkannya dengan menggunakan tisu basah.
Lebih baik, gunakan lap atau tisu kering, sebab tisu basah mengandung alkohol yang bisa membuat warna tas menjadi pudar. Namun, yang perlu diingat adalah, beda noda berarti beda pula cara membersihkannya.
Anda tentu tidak ingin tas branded milik Anda terlihat kotor, kusam, dan tidak sedap dipandang mata. Untuk itu, sebelum melakukan perawatan, kenali terlebih dahulu material bahannya, letakkan di tempat yang sejuk dan kering pada rak dengan posisi berdiri.
Dengan mengikuti aturan perawatan harian yang sudah ditetapkan dan segera membersihkannya jika terkena noda. Maka, tas fashion wanita branded milik Anda akan tetap awet dan selalu terlihat baru. 

[Iqna - Fashion]

Previous Post
Next Post

Author: