28.12.22

Mencadangkan aplikasi terpasang menjadi apk di hp android

Aplikasi yang terpasang akan menyimpan file data dan cache di penyimpanan internal. Beberapa aplikasi memiliki ukuran file data dan cache yang cukup besar. Bila penyimpanan internal kita besar, memiliki banyak aplikasi dengan ukuran data aplikasi yang besar tidak akan menjadi masalah, namun bila penyimpanan internal smartphone android kita kecil, maka akan sering terjadi memori penuh, performa makin lambat, dan sebagainya. 

Ada baiknya kita hanya memasang aplikasi yang benar-benar diperlukan dan sering dipakai saja. Namun ada beberapa aplikasi, yang walaupun jarang digunakan, terkadang kita malas untuk menghapusnya, karena bila dihapus, maka perlu diunduh lagi, dan tentunya akan makan waktu dan mengurangi paket data lagi.

Salah satu solusi bagi yang punya aplikasi jarang digunakan tapi malas menghapus adalah dengan mencadangkan aplikasi tersebut, sehingga bila sewaktu-waktu dibutuhkan, kita bisa instal lagi sesuka kita.

Satu aplikasi yang saya gunakan untuk mencadangkan aplikasi adalah app backup [unduh di playstore].

Kelebihan menggunakan aplikasi ini.

- mencadangkan aplikasi dalam bentuk apk.

- aplikasi yang dicadangkan tidak akan membebani RAM, juga tidak mengurangi penyimpanan internal terlalu besar.

- apk bisa dipindah atau disimpan di penyimpanan eksternal.

- apk yang tersimpan bisa dibagikan ke smartphone lain, atau diupload di penyimpanan cloud untuk keperluan lainnya.


Kekurangan menggunakan aplikasi ini.

- Tidak disarankan menghapus aplikasi game yang besar, karena anda harus mengunduh data gamenya lagi walaupun aplikasi utamanya dipulihkan, kecuali anda benar-benar tidak membutuhkannya lagi.

- untuk apk medsos atau aplikasi yang membutuhkan login, maka harus login lagi walaupun apk utama dipulihkan.

Demikian tips Mencadangkan aplikasi terpasang menjadi apk di hp android Semoga bermanfaat

Previous Post
Next Post

Author:

Blog Iqna

adalah blog yang berbagi informasi, tips, tutorial seputar android, windows, hiburan, game, dan Informasi menarik lainnya, Semoga Bermanfaat.