13.12.22

Batu besar di tengah jalan - cerpen singkat dan menarik

 

Di suatu masa, Pernah ada seorang raja yang sangat kaya.  Raja ini menempatkan sebuah batu besar di tengah jalan.  Kemudian dia bersembunyi di dekatnya untuk melihat apakah ada orang yang mencoba menyingkirkan batu besar itu dari jalan.

 Orang pertama yang lewat adalah beberapa pedagang dan pegawai istana raja yang kaya.  Alih-alih memindahkannya, mereka hanya berjalan mengelilinginya.

 Beberapa dari mereka malah dengan lantang menyalahkan Raja karena tidak memelihara jalan.  Tidak satu pun dari mereka yang mencoba memindahkan batu besar itu.

 Akhirnya, seorang petani datang.  Pundaknya memikul keranjang sayuran.  Ketika ia sampai di dekat batu besar itu, dia tidak hanya berjalan mengitarinya seperti yang dilakukan orang lain, petani itu meletakkan bebannya dan mencoba memindahkan batu itu ke pinggir jalan.  Butuh banyak usaha tetapi dia akhirnya berhasil.

 Petani itu hendak mengangkat barang-barangnya kembali dan bersiap untuk pergi ketika dia melihat sebuah kantong tergeletak di jalan dibekas batu besar itu berada.  

 Petani itu membuka kantong tersebut, dan ternyata kantong itu penuh dengan koin emas dan catatan dari raja.  Catatan raja mengatakan emas di kantong itu adalah hadiah karena telah memindahkan batu dari jalan.


 Raja menunjukkan kepada petani tersebut dan kita semua bahwa setiap rintangan menghadirkan peluang untuk memperbaiki kondisi kita.

Previous Post
Next Post

Author:

Blog Iqna

adalah blog yang berbagi informasi, tips, tutorial seputar android, windows, hiburan, game, dan Informasi menarik lainnya, Semoga Bermanfaat.