3.1.23

Cara buat Email Baru menggunakan Android

Perangkat komunikasi semakin canggih, bila jaman dulu perangkat komunikasi, hiburan dan sebagainya masih terpisah-pisah dan terbagi sesuai fungsinya, saat ini perangkat-perangkat tersebut menjadi satu dalam sebuah perangkat kecil bernama smartphone. Dengan smartphone (ponsel pintar), kita bisa berkomunikasi jarak jauh, mendengarkan musik, menonton tayangan tv dan film, fotografi, membuat video, bahkan kerja-pun bisa melalui perangkat ponsel.

Salah satu alat komunikasi online yang masih dibutuhkan hingga saat ini adalah email. Email adalah bentuk elektronik dari surat. Dengan email kita bisa berkirim pesan pendek hingga panjang. Walaupun sudah ada aplikasi pesan singkat, namun email tetap dibutuhkan untuk berkirim pesan yang lebih panjang dan resmi. Memiliki alamat email seperti memiliki kotak surat virtual yang bisa dibuka, dilihat dan dibaca dimana saja, kapan saja.

Seiring kebutuhan yang semakin kompleks, pengguna internet terkadang membutuhkan lebih dari satu alamat email, yaitu untuk keperluan pribadi dan bisnisnya.

Berikut beberapa cara membuat email baru menggunakan hp android (untuk pengguna iphone dan laptop bisa membuat email baru menggunakan browser internet)


Membuat email Gmail Menggunakan Android

- Buka aplikasi Setelan (bisa bernama pengaturan/setting)

- Pilih Akun dan Sinkron

- scroll ke bawah, pilih tambahkan akun
- pilih google

- pilih buat akun

- pilih untuk diri sendiri 

- isi formulir sesuai yang dibutuhkan

- buat alamat email, karena pengguna email sangat banyak, nama alamat email yang anda inginkan mungkin sudah dipakai orang lain, silahkan buat nama alamat yang unik dan belum dimiliki siapapun, yang penting mudah ditulis dan diingat (hindari menggunakan nama yang terlalu rumit supaya orang lain tidak sulit bila ingin menghubungi anda lewat email)

- tekan berikutnya, isi formulir hingga selesai, upayakan mengisi data yang benar dan sesuai, terutama nomor hp dan email yang masih aktif, karena biasanya anda akan menerima konfirmasi aktivasi dan juga berguna untuk memulihkan akun saat lupa password atau dibajak pihak yang tidak bertanggung jawab.

Membuat Email Yahoo Menggunakan browser Ponsel / Komputer.

- Buka browser internet (chrome, mozilla, dsb). (Bagi pengguna hp android/iphone, anda bisa membuat email dengan mengunduh dan instal aplikasi email yahoo terlebih dahulu).

- ketik mail.yahoo.co.id pada kolom alamat

- pilih buat akun

- isi formulir dengan data yang benar

- lanjutkan hingga selesai, caranya kurang lebih sama seperti bila anda membuat email di gmail.


Membuat Email Hotmail Menggunakan browser Ponsel / Komputer

- Buka browser internet (chrome, mozilla, dsb). (Bagi pengguna hp android/iphone, anda bisa membuat email dengan mengunduh dan instal aplikasi email hotmail terlebih dahulu).

- ketik hotmail.com pada kolom alamat, atau outlook.live.com

- pilih buat akun

- masukkan alamat email yang anda inginkan, sama seperti membuat email di gmail dan yahoo, merancang nama email yang diinginkan mungkin agak sedikit sulit karena mungkin sudah ada yang pakai, coba buat nama alamat yang belum dimiliki orang lain, namun tetap harus mudah ditulis dan diingat.
- isi formulir selanjutnya dengan data yang benar, terutama nomor hp dan email yang masih aktif.

Membuat email di 3 layanan email di atas memiliki keuntungan masing-masing, misalnya membuat email di google, secara otomatis anda akan diberi kemudahan akses ke berbagai layanan google lainnya, seperti google drive, google foto, google dokumen, youtube, blogger, dsb. Demikian pula bila kita membuat email di yahoo dan msn/hotmail.


Demikian cara buat email baru menggunakan hp android.

Previous Post
Next Post

Author:

Blog Iqna

adalah blog yang berbagi informasi, tips, tutorial seputar android, windows, hiburan, game, dan Informasi menarik lainnya, Semoga Bermanfaat.