31.8.23

Kacamata Baca Progresif: Kombinasi Kenyamanan untuk Membaca dan Melihat Jarak Jauh

Seiring bertambahnya usia, perubahan alami dalam fungsi penglihatan sering kali menjadi satu dari beberapa masalah yang harus dihadapi. Kemampuan penglihatan yang dulunya tajam dan jelas, bisa berangsur mengalami penurunan.  

Salah satu masalah utama yang dihadapi oleh orang Sunda berusia adalah presbiopia, yang lebih dikenal sebagai "rabun dekat".  Ini adalah kondisi di mana mata kesulitan dalam fokus pada objek yang berada dalam jarak dekat. Ini dapat mempengaruhi kemampuan membaca, menggunting, atau melakukan tugas-tugas dekat lainnya.

Kacamata baca dirancang khusus untuk mengatasi masalah ini dengan memberikan tambahan koreksi untuk jarak dekat.


Masalah:


Salah satu masalah saat menggunakan kacamata baca adalah kita akan merasa kurang nyaman saat melihat benda atau tulisan di jarak yang jauh sehingga harus melepasnya saat akan melihat benda atau tulisan tersebut. Hal ini tentu saja akan sedikit merepotkan, terutama bagi pegawai kantor, guru, atau pekerja yang butuh membaca jarak dekat dan jauh secara bergantian.


Solusi:


Kacamata progresif atau multifokal telah menjadi solusi populer bagi mereka yang membutuhkan koreksi penglihatan baik untuk membaca dekat maupun melihat jarak jauh. Ini adalah inovasi yang menggabungkan fungsi kacamata baca dengan kemampuan untuk melihat objek yang berjarak lebih jauh, semuanya dalam satu pasangan kacamata. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan tentang kacamata progresif, bagaimana cara kerjanya, serta kelebihan dan pertimbangan yang perlu diambil.



Cara Kerja Kacamata Progresif


Kacamata progresif memiliki desain lensa yang unik, dengan beberapa zona fokus yang berbeda. Zona terbawah umumnya ditujukan untuk membantu melihat objek dekat, seperti membaca atau melihat ponsel. Ketika mata Anda melihat ke atas sedikit, Anda dapat melihat objek di tengah, seperti layar komputer. Sementara itu, melihat ke arah atas kacamata akan membantu Anda melihat objek yang berjarak lebih jauh, seperti melihat lalu lintas saat mengemudi.


Kelebihan Kacamata Progresif


1. Kenyamanan All-in-One: Dengan kacamata progresif, Anda tidak perlu terus-menerus menukar antara kacamata baca dan kacamata jarak jauh. Semua fungsi tergabung dalam satu pasangan.


2. Penampilan Estetis: Kacamata progresif tidak memiliki garis jelas yang memisahkan zona-zona fokus. Ini memberikan tampilan yang lebih estetis dibandingkan dengan kacamata bifokal yang memiliki garis terlihat di tengah lensa.


3. Transisi yang Alami: Transisi antara zona-zona fokus berlangsung dengan alami saat Anda menggeser pandangan mata. Ini memungkinkan Anda beralih antara aktivitas dengan lancar.


Pertimbangan yang Perlu Diperhatikan


1. Proses Adaptasi: 

Menggunakan kacamata progresif memerlukan waktu untuk beradaptasi. Beberapa orang mungkin merasa pusing atau kesulitan saat pertama kali menggunakannya. Namun, seiring berjalannya waktu, mata Anda akan terbiasa.


2. Harga: 

Kacamata progresif biasanya lebih mahal daripada kacamata biasa. Ini karena proses pembuatannya yang kompleks dan teknologi yang digunakan.


3. Konsultasi dengan Ahli Mata: 

Penting untuk berkonsultasi dengan ahli mata sebelum memutuskan untuk menggunakan kacamata progresif. Mereka dapat melakukan pengukuran yang tepat untuk memastikan kacamata yang Anda dapatkan sesuai dengan kebutuhan mata Anda.


Kesimpulan:

Kacamata progresif merupakan solusi yang nyaman dan praktis bagi mereka yang memerlukan koreksi penglihatan baik untuk aktivitas membaca dekat maupun melihat objek yang berjarak lebih jauh. Meskipun memerlukan adaptasi, kelebihan dan kenyamanan yang ditawarkan membuatnya menjadi pilihan yang layak untuk menjaga kualitas penglihatan Anda dalam berbagai situasi. Sebelum membeli, pastikan Anda berkonsultasi dengan ahli mata untuk mendapatkan rekomendasi yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda.


Bila anda tertarik untuk membeli kacamata baca progresif, pastikan anda sudah mengetahui lensa yang tepat (+1, +1.5 ,+2, 3, dsb).
Kacamata Progresif artinya kacamata baca multifokal tanpa batas lengkungan antara lensa normal dan baca.
Photochromic (optional) artinya lensa bisa beradaptasi dengan cahaya (matahari/ultraviolet) yang akan otomatis berwarna gelap bila terkena sinar matahari.


Previous Post
Next Post

Author:

Blog Iqna

adalah blog yang berbagi informasi, tips, tutorial seputar android, windows, hiburan, game, dan Informasi menarik lainnya, Semoga Bermanfaat.