25.4.20

Aplikasi Jam, Kalender dan Pengingat untuk Android

Jam dan Kalender adalah aplikasi yang pasti ada di smartphone android.
Jam adalah penunjuk waktu sedangkan Kalender berisi informasi tanggal/bulan/tahun dan keterangan hari-hari penting sesuai pengaturannya.


Aplikasi Jam memiliki beragam fitur tambahan, seperti alarm, stopwatch, hitung mundur, dsb.
Sedangkan Kalender memiliki fitur catatan dan pengingat yang bisa ditambahkan pada tanggal dan waktu tertentu.
Aplikasi Jam, Kalender dan Pengingat umumnya bisa digunakan secara offline, tapi juga bisa dihubungkan dengan internet untuk fitur tambahan seperti sinkronisasi waktu otomatis, jadwal/schedule online, dsb
Selain aplikasi jam dan kalender bawaan, pada google play store kita juga bisa menemukan aplikasi jam dan kalender dengan beragam fitur tambahan lainnya.

Aplikasi jam bisa memiliki fitur berbeda pada setiap merk smartphone, Berikut adalah penjelasan fitur-fitur yang umum pada aplikasi Jam dan kalender.

Aplikasi Jam
- Widget


Widget adalah fitur aplikasi dimana anda bisa menambahkan aplikasi mini pada layar utama (homescreen). Widget bisa berupa icon atau tampilan mini dari aplikasi tersebut. Pada aplikasi Jam, widgetnya berupa Jam yang bisa ditampilkan pada layar utama

- Alarm


Alarm adalah fitur pengingat yang akan berdering (mengeluarkan suara alarm) pada waktu yang telah di atur sebelumnya

- Waktu Dunia



Waktu dunia adalah fitur untuk menampilkan waktu di belahan dunia berbeda. Misal waktu saat ini di Mekah, waktu di Amerika Serikat, dsb.

- Stopwatch




Stopwatch adalah salah satu fitur  pada aplikasi jam yang digunakan untuk mengetahui lamanya waktu saat melakukan aktivitas tertentu. Misalnya: lama waktu saat berolah-raga, lama waktu saat berlari pada jarak tertentu, dsb

- Pengatur Waktu / Hitung Mundur



Pengatur Waktu / Hitung mundur adalah salah satu fitur jam untuk mengatur lamanya waktu untuk dilalui dengan cara dihitung mundur. Misal: bila anda mengatur hitung mundur selama 60 menit, maka aplikasi akan menampilkan waktu mundur selama 60 menit, dan akan berakhir (mencapai 0) pada 60 menit kemudian
Rekomendasi aplikasi Jam
Jam Google - https://play.google.com/store/apps/details?id=com.google.android.deskclock

Aplikasi Kalender
- Widget



Aplikasi kalender umumnya juga memiliki widget, yaitu aplikasi kalender mini yang bisa ditampilkan di layar utama android

- Menjadwalkan acara / kegiatan / pengingat
Bila aplikasi kalender terhubung  dengan internet dan akun google, maka aplikasi ini tidak hanya akan menampilkan tanggal saja, tapi juga event-event tertentu / hari besar / hari raya. Selain itu anda juga bisa menambahkan catatan pada tanggal tertentu sebagai pengingat.
Pengingat yang ditambahkan pada tanggal yang akan datang akan muncul dalam bentuk pemberitahuan bila tiba pada tanggal/waktu yang ditentukan.
Pengingat juga bisa diatur untuk menjadi pengingat berulang (misal: tiap minggu/bulan/tahun)
Rekomendasi aplikasi Kalender 
Kalender Google - https://play.google.com/store/apps/details?id=com.google.android.calendar

Aplikasi Pengingat Lainnya :
Aplikasi pengingat adalah  aplikasi yang berisi fitur alarm atau pemberitahuan (notifikasi) moment tertentu, salah satu yang paling populer adalah pengingat  waktu sholat dan alarm buka puasa/saur.

Aplikasi Jadwal Sholat



- Untuk mengatur suara pemberitahuan (Adzan/alarm/notifikasi), pilih waktu sholat, kemudian atur sesuai kebutuhan.


- Untuk mengatur suara pemberitahuan saat Sahur, pilih waktu sholat subuh, geser ke kanan ke bagian alarm sahur, atur sesuai kebutuhan.


- untuk mengatur pemberitahuan Imsyak, tinggal ubah sesuai kebutuhan di bagian Alarm Imsyak

Rekomendasi aplikasi Adzan : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.kodelokus.prayertime

Cara menambahkan Widget di layar utama Android
- cara menambahkan widget aplikasi bermacam-macam tergantung pada peluncur (launcher) halaman utama android
- umumnya untuk menambahkan widget, anda bisa menekan halaman kosong pada layar utama selama sekitar 1-2 detik atau buka pengaturan launcher.
- Pilih menu widget, pilih widget yang dibutuhkan

Tidak semua aplikasi memiliki widget, bila anda membutuhkan widget dengan fitur dan fungsi tertentu, silahkan mencarinya di google play store dengan kata kunci widget

Demikian sedikit ulasan mengenai jam, kalender dan pengingat.
Semoga bermanfaat
Previous Post
Next Post

Author:

Blog Iqna

adalah blog yang berbagi informasi, tips, tutorial seputar android, windows, hiburan, game, dan Informasi menarik lainnya, Semoga Bermanfaat.