5.4.20

Macam-macam Kegunaan Smartphone Android

Smartphone android animasi gambar bergerakSmartphone berasal dari dua kata yaitu smart yang berarti pintar, dan phone yang berarti telepon. Telepon yang dimaksud dalam smartphone adalah telepon seluler.
Smartphone android adalah ponsel pintar yang menggunakan android sebagai sistem operasinya (OS/Operating System).
Sistem operasi Android awalnya dikembangkan oleh Android, inc. yang kemudian dibeli oleh Google pada tahun 2005.
Sistem operasi Android adalah sistem operasi berbasis linux yang  dibuat untuk perangkat mobile dengan tampilan dan layar sentuh yang mudah digunakan bahkan oleh anak-anak sekalipun.
Sistem operasi Android didukung oleh ribuan aplikasi dan game sehingga menambah lengkap fitur smartphone yang menggunakan Sistem operasi ini.
Oleh karena itu, Sebagian besar  produsen ponsel dari  high end hingga low end menanamkan sistem operasi android untuk produk smartphonenya.

Berikut adalah macam-macam kegunaan ponsel pintar android

1. Sebagai Alat Komunikasi
Pada dasarnya, smartphone adalah perangkat yang dibuat untuk digunakan sebagai alat komunikasi, fitur dan aplikasi komunikasi dalam smartphone antara lain:
  • Telepon 
    Telepon adalah fitur utama pada smartphone yang berguna untuk melakukan panggilan suara atau melakukan komunikasi dua arah dengan pengguna telepon lain yang berada di tempat berbeda.
  • SMS dan MMS
    Short Message Service atau SMS adalah layanan pengirim pesan pendek yang berupa teks. MMS adalah layanan yang memungkinkan penggunanya untuk berkirim pesan multimedia (Gambar, video, dsb). Fitur ini tersedia pada smartphone tanpa tambahan aplikasi. Mms membutuhkan jaringan data internet yang aktif (4G/3G).
  • Buku telepon 
    Aplikasi buku telpon biasanya bernama Kontak, aplikasi ini berguna untuk menyimpan nomor telpon, nama, dan keterangan lain, seperti alamat, email, foto pemilik kontak, dsb. 
  • Chat 
    aplikasi chating (WA, BBM, Facebook messenger, line, dsb) memiliki fungsi mirip seperti sms yaitu untuk berkirim pesan teks. aplikasi chatting membutuhkan jaringan internet, dan pengirim atau penerima harus menggunakan aplikasi chating yang sama, misal: antara pengguna WA ke WA, line ke line, dsb. 
  • Video call 
    Video call adalah Panggilan Suara yang disertai Video, fitur ini memungkinkan pengguna smartphone untuk melakukan panggilan suara dan bisa bertatap muka secara real time melalui video orang yang dipanggil (dan sebaliknya). 
  • Email 
    Email adalah Surat elektronik. Selain bisa dibuka melalui browser, email juga bisa digunakan menggunakan aplikasi emaik untuk android. Aplikasi email membutuhkan jaringan data internet yang aktif (4G/3G).
  • Media Sosial
    Media sosial (medsos) adalah media online yang memungkinkan penggunanya/anggotanya untuk memiliki profil online, saling terhubung (berteman), berinteraksi dan berbagi informasi. Aplikasi Medsos membutuhkan jaringan data internet yang aktif (4G/3G).

2. Internet
Sebagai perangkat telekomunikasi, smartphone juga dilengkapi dengan fitur untuk menangkap sinyal jaringan data internet (4G/3G) yang disediakan oleh operator telepon seluler.  Selain itu, smartphone juga bisa terhubung ke internet melalui fitur Wifi.
Berikut beberapa macam aplikasi smartphone android untuk berinternet.
  • Browser
    Browser internet adalah aplikasi untuk  mencari, membuka dan membaca informasi dalam website (situs web). 
  • Radio dan Musik Online 
    Radio adalah layanan siaran informasi dan hiburan yang berupa suara/audio, bila aplikasi radio offline hanya menangkap siaran stasiun radio lokal, aplikasi radio online menggunakan jaringan internet untuk menangkap siaran radio dalam lingkup yang lebih luas, yaitu stasiun radio yang berada di kota lain hingga negara lain. Musik Online adalah layanan pemutar musik online, berbeda dengan radio yang memiliki siaran variatif (berita, musik, drama, dsb), layanan musik online biasanya hanya menyediakan musik tanpa penyiar/siaran lainnya. Anda bahkan bisa memilih dan mendengarkan bermacam musik/lagu yang tersedia.  
  • Video Online 
    Video online adalah video yang membutuhkan koneksi internet untuk menontonnya, video online biasanya dihost di website video, selain bisa menonton video online melalui website, anda juga bisa menonton menggunakan aplikasi video online. 
  • Jual/Beli produk online 
    Jual/Beli online adalah aktifitas jual dan beli produk dimana proses transaksi maupun tawar menawarnya dilakukan secara online, sedangkan barang akan dikirim bila terjadi kesepakatan dan transaksi pembayaran/dsb. 
  • Jasa Online 
    Mirip seperti aplikasi jual/beli produk. Jasa online adalah penawaran jasa dimana deskripsi layanan, pemesanan dan transaksinya bisa dilakukan secara online. Aplikasi jasa online adalah aplikasi yang khusus berisi informasi jasa online sekaligus sebagai sarana pemesanan jasa.
  • Bank / Dompet online 
    Bank online atau biasa dikenal dengan mobile banking (m-banking) adalah layanan jasa perbankan yang akan memudahkan anda untuk melakukan transaksi pembayaran/pembelian, transfer dana, pembayaran rekening telpon, air, listrik dan transaksi lainnya. Dompet online memiliki fungsi yang hampir sama seberti mobile banking, yaitu sebagai penyimpan uang online dan digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran online, bedanya dengan mobile banking, dompet online tidak terhubung secara langsung dengan rekening bank, akan tetapi anda harus melakukan deposit atau pengisian saldo terlebih dahulu.
  • Bisnis/Penghasil uang 
    Bisnis online adalah suatu usaha untuk menghasilkan keuntungan/uang secara online. Bisnis online bisa berupa penawaran jasa online, jual/beli online, sebagai  publisher iklan (blogger/youtuber), dsb. 
  • Penerjemah 
    Penerjemah online adalah layanan penerjemah bahasa-bahasa dunia. Untuk menggunakan aplikasi penerjemah, anda harus instal aplikasi terlebih dahulu atau bisa juga melalui website penerjemah yang diakses melalui browser.
  • Peta dan GPS 
    Peta adalah gambar permukaan bumi yang menampilkan suatu wilayah dalam skala tertentu. Aplikasi peta adalah aplikasi untuk menampilkan peta. GPS adalah singkatan dari Global Positioning System yang berarti sistem penentu letak, dengan GPS kita bisa melihat posisi atau letak objek yang dilengkapi gps dalam peta. 
  • Jasa penyimpanan file dan cadangan (cloud and backup service) 
    Cloud and backup service adalah jasa penyimpanan file online. Dengan layanan ini anda bisa menyimpan dan membuat cadangan file secara online. Penyimpanan online sangat bermanfaat karena file yang diaimpan secara online bisa diakses dari mana saja dan dapat dibagi dengan mudah. Selain itu file cadangan juga bisa dikembalikan bila file yang tersimpan secara lokal hilang atau terhapus.
  • Berita
    Berita online adalah berita yang diposting pada media online (website berita), Bila jaman dulu kita membaca berita melalui koran, saat ini kita bisa membaca berita kapan saja dan dimana saja melalui smartphone. 
  • Pendidikan 
    Aplikasi pendidikan online adalah aplikasi yang berisi informasi/materi/teori untuk tujuan pendidikan atau belajar. 
  • Pengunduh 
    Aplikasi Pengunduh adalah aplikasi untuk mengunduh file dokumen/aplikasi. 
  • Prakiraan cuaca 
    Aplikasi cuaca adalah aplikasi yang menampilkan informasi cuaca. 
  • Jam, Kalender dan Pengingat 
    Jam adalah aplikasi  penunjuk waktu sedangkan Kalender berisi informasi tanggal/bulan/tahun dan keterangan hari-hari penting sesuai pengaturannya. Aplikasi Jam memiliki fitur tambahan Alarm, stopwatch, dan Fitur lainnya. Sedangkan Kalender memiliki fitur catatan dan pengingat yang bisa ditambahkan pada tanggal dan waktu tertentu.

3. Hiburan Offline
Walaupun fungsi utama dari smartphone (ponsel pintar) adalah untuk telekomunikasi, tapi dalam smartphone juga disediakan fitur-fitur hiburan offline. Fitur-fitur tersebut antara lain :
  • Pemutar Musik
    Pemutar musik adalah aplikasi untuk memutar dan mendengarkan file musik/lagu (mp3, aac, ogg, dsb) yang tersimpan dalam memori penyimpanan.
  • Radio 
    Aplikasi radio adalah aplikasi untuk menangkap dan mendengarkan siaran radio.
  • Pemutar Video 
    Aplikasi pemutar video adalah aplikasi untuk memutar dan melihat video/film yang tersimpan pada memori penyimpanan. 
  • Galeri foto/gambar 
    Aplikasi Galeri adalah aplikasi untuk melihat, mengatur atau mengedit foto/gambar yang tersimpan di smartphone.

4. Game dan Emulator
Sama seperti game konsol dan game PC, game atau permainan dalam smartphone android adalah aplikasi yang berisi video game atau video yang bisa dimainkan. Emulator game adalah aplikasi yang memungkinkan penggunanya untuk memainkan game dari konsol lain. Misal: emulator game play station untuk memainkan game PS di android, emulator game nintendo, dsb. Berbeda dengan aplikasi game android yang tinggal unduh dan mainkan, emulator game membutuhkan file game yang bernama file ROM (misal: emulator game PS membutuhkan file rom game PS, dst).

5. Aplikasi Bermanfaat lainnya
  • Kamera 
    Kamera adalah perangkat yang berguna untuk mengabadikan objek atau moment di dunia nyata menjadi foto atau video. 
    • Scanner
      Scanner pada smartphone adalah salah satu inovasi aplikasi kamera, bila umumnya kamera digunakan untuk mengambil foto objek, pemandangan dan aktivitas manusia, scanner bertujuan untuk mengambil gambar dokumen (hardcopy) menjadi file dokumen (softcopy), output file dokumen yang dihasilkan aplikasi scanner bisa dibilang lebih bagus daripada menggunakan aplikasi kamera bawaan, selain itu format dokumenpun juga beragam, dari jpg, pdf, hingga format lainnya.
    • Barcode dan QR reader 
      Barcode atau kode batang adalah gambar berupa kumpulan atau kombinasi garis (vertikal) dan memiliki arti, demikian pula dengan  QR yang berupa gambar kombinasi berbentuk kotak. 
    • Kaca cermin 
      Cermin adalah alat untuk berkaca (melihat diri sendiri). Kamera depan smartphone selain dipakai untuk merekam objek juga sering dipakai untuk berkaca atau foto selfie.
  • Manajer file 
    Manajer file adalah aplikasi untuk mengatur atau mengelola file-file yang tersimpan di dalam memori penyimpanan (memory internal dan memory eksternal). 
  • Wifi dan hotspot portabel
    Fitur wifi pada smartphone android berguna untuk menghubungkan smartphone dengan jaringan internet melalui hotspot wifi. Hotspot portable adalah fitur pada smartphone  android yang memungkinkan perangkat android menjadi hotspot wifi dan berbagi jaringan data internet dengan perangkat lain yang memiliki penerima wifi.
  • Transfer file (bluetooth, wifi)
    Smartphone android umumnya dilengkapi dengan bluetooth yang berguna untuk menerima/mengirim file antar perangkat yang sama2 dilengkapi bluetooth.  
    • Tidak hanya menerima/mengirim file, bluetooth pada smartphone juga bisa digunakan untuk mengirim suara pada perangkat headset bluetooth, Dan terkadang juga digunakan untuk remote.
    Tapi akhir-akhir ini fungsi bluetooth sebagai fitur transfer/mengirim file mulai digantikan dengan  wifi yang memiliki kecepatan transfer jauh lebih cepat dari bluetooth.
  • Lampu / senter 
    Lampu adalah alat penerangan, sedang senter adalah alat penerangan dimana cahaya penerangannya difokuskan pada arah senter menghadap. Lampu/senter pada smartphone sebenarnya bertujuan untuk mendukung kamera smartphone supaya menghasilkan gambar foto/video yang lebih terang/jelas di lokasi yang kurang cahaya. Tapi fitur lampu blitz ini juga difungsikan sebagai lampu penerang/senter disaat  darurat.
  • Kompas 
    Kompas adalah alat penunjuk arah. Aplikasi kompas pada smartphone selain digunakan sebagai alat bantu navigasi, juga sering digunakan untuk menentukan arah kiblat.
  • Perekam suara 
    Aplikasi perekam suara adalah aplikasi yang digunakan untuk merekam suara, baik suara yang berasal dari smartphone sendiri ataupun suara eksternal. 
  • Kalkulator
    Kalkulator adalah alat elektronik untuk berhitung. Ada banyak macam kalkulator, dari kalkulator untuk penghitungan dasar (tambah, kali, bagi, persen) hingga kalkulator scientific.
  • Pembaca dan pengubah dokumen
    Yang dimaksud Dokumen dalam smartphone adalah dokumen (teks, worksheet, gambar, salinan resmi) yang berupa file softcopy. File softcopy dokumen memiliki format beragam, antara lain: pdf, doc, docx, xls, xlsx, ppt, pptx, txt, dsb. Aplikasi pembaca dokumen (document reader) umumnya aplikasi pihak ke 3, bila smartphone anda tidak memilikinya, maka anda harus mengunduhnya di google play store.
    • Word 
      Aplikasi word processor adalah aplikasi untuk membaca dan menulis/edit dokumen teks berformat doc/docx, fungsi aplikasi word pada smartphone hampir sama dengan word processor di laptop/pc, bedanya versi mobile lebih simple dan fiturnya tidak selengkap word processor versi komputer/laptop. 
    • Excel 
      Aplikasi Excel/worksheet adalah aplikasi yang memiliki fungsi membaca atau edit file dokumen xls/xlsx.
    • Presentasi 
      Seperti word dan excel, anda juga bisa membaca dan edit file presentasi (ppt/pptx) dari smartphone. Walaupun fiturnya sederhana, paling tidak anda bisa langsung membaca file presentasi dan berbagi dengan mudah.
    • Pembaca pdf 
      File pdf adalah file dokumen yang berformat pdf, perbedaan dokumen word/excel/dsb dengan pdf adalah file ini tidak mudah diedit sehingga relatif aman bila digunakan untuk berkirim salinan dokumen asli/resmi. Saat ini anda bisa scan hardcopy dokumen menjadi file pdf dengan mudah dan cepat menggunakan aplikasi scan dokumen.
  • Stock dan inventory 
    Aplikasi stock dan inventory adalah aplikasi yang berguna untuk mencatat dan menyimpan informasi stok serta inventori barang. Aplikasi ini sangat berguna bagi anda yang memiliki toko atau bertugas menjaga toko untuk mengetahui harga/tempat barang disimpan dengan cepat. 
  • Video editor 
    Aplikasi video editor adalah aplikasi untuk mengubah video. Dengan aplikasi video editor anda bisa memperkecil, memotong, mengubah suara, dsb langsung menggunakan smartphone android. 
  • Screenshot dan Perekam layar 
    Screenshot adalah gambar tampilan layar. Aplikasi screenshot adalah aplikasi untuk merekam layar menjadi gambar. Perekam layar (screen recorder) adalah aplikasi perekam aktivitas yang tampak pada layar android menjadi video. Dengan aplikasi ini, anda bisa membuat video aktifitas pada smartphone, seperti saat bermain game, menggunakan aplikasi, dsb. 
  • Image editor 
    Image editor adalah aplikasi untuk mengedit atau mengubah gambar. Dengan aplikasi edit gambar ini, anda bisa memotong, memperhalus, mempercantik, dan pada beberapa aplikasi edit foto, anda bahkan bisa menghapus objek di dalam foto, mengubah backround foto, atau menggabung dua foto. 
  • Audio editor 
    Aplikasi audio editor adalah aplikasi untuk mengedit file audio (musik/suara). Dengan aplikasi audio editor anda bisa edit atau mengubah file audio (misal: mp3) menjadi berukuran kecil (kompres), memotong, menambah efek, dsb. 
  • Alat musik 
    Smartphone bukanlah alat untuk bermain musik, tapi dengan aplikasi alat musik, anda bisa menggunakan smartphone android untuk bermain musik. Beberapa alat musik yang disimulasikan dalam smartphone android antara lain: gitar, drum, piano, dsb. 
  • Kompres file 
    Aplikasi kompres file adalah aplikasi untuk memperkecil ukuran file. Tujuan memperkecil ukuran file adalah untuk menghemat memori penyimpanan dan mempermudah aktifitas berbagi file di medsos. 
  • Konverter (audio teks, teks audio, gambar teks) 
    Aplikasi konverter adalah aplikasi untuk mengubah format file menjadi format file lain. Misal : Video menjadi mp3, mp3 menjadi Aac, suara menjadi teks, teks menjadi suara, word menjadi pdf, dsb. 
  • Loker 
    Smartphone android pasti memiliki memory penyimpanan. Memori penyimpanan ini berfungsi untuk menyimpan file-file yang dibutuhkan aplikasi maupun file dokumen, foto dan video. Tidak jarang pengguna smartphone memanfaatkan memori penyimpanan untuk menyimpan file penting atau file pribadi. Dan karena sifatnya yang penting, tentu saja kita tidak ingin file penting tersebut mudah ditemukan atau diedit, sehingga dibutuhkan suatu aplikasi pengaman untuk menyimpan file dalam smartphone. Aplikasi pengaman disebut juga aplikasi loker (Locker/penyimpanan dengan kunci), karena untuk membuka folder penyimpanan kita harus memasukkan password/pin/kata kunci. 
  • Remote, keyboard 
    Smartphone android dengan tambahan aplikasi, bisa dijadikan remote, pengganti mouse atau keyboard. Sayangnya tidak semua smartphone atau perangkat kompatibel, sehingga ada yang sukses ada juga yang kesulitan saat pairing. Aplikasi remote umumnya menggunakan fitur infrared, bluetooth, atau wifi. 
  • Mirror 
    Mirror yang dimaksud di sini bukan berupa cermin kamera, tapi merupakan fitur atau aplikasi untuk menampilkan layar android secara realtime pada perangkat lain. untuk melakukan mirror biasanya dibutuhkan aplikasi pada smartphone dan perangkat yang menampilkan (tv/laptop). Media/alat yang digunakan untuk mirror cukup beragam, ada yang menggunakan jaringan internet, kabel usb, bluetooth, hingga wifi.
  • Aplikasi Unik lainnya 
    Sebenarnya masih banyak aplikasi-aplikasi lain yang bisa menambah pintar smartphone anda. Untuk informasi aplikasi-aplikasi tersebut akan saya bahas dilain kesempatan. Berikut  adalah beberapa aplikasi unik yang mungkin bermanfaat bagi anda.
    • Penggocok nomor (random) 
      Aplikasi pengocok nomor adalah aplikasi yang berguna untuk menampilkan angka secara acak. Aplikasi ini biasanya digunakan sebagai pengganti alat kocok nomor arisan.
    • Kumpulan alat
      Aplikasi kumpulan alat adalah satu aplikasi yang berisi bermacam fungsi/alat virtual. Alat-alat tersebut antara lain kompas, kalkulator, gps, senter, dsb. Beberapa alat sebenarnya sudah ada pada smartphone sebagai fitur bawaan, tapi beberapa alat yang lain mungkin tidak ada dan bisa jadi mungkin anda membutuhkannya.

6. Kegunaan lain dari Smartphone
Bila di atas adalah kegunaan smartphone sesuai dengan fungsi dan tujuan pembuatannya, berikut adalah penggunaan perangkat handphone yang terbilang nyeleneh dan ekstrim, yang jelas tidak saya sarankan untuk dicoba (^_^)
  • Jaminan 
    Smartphone terkadang digunakan sebagai jaminan, digadai atau dijual saat penggunanya sedang kehabisan uang, semoga anda tidak mengalaminya.
  • Penggaris 
    Biasanya dilakukan oleh anak sekolah atau anak kuliahan disaat darurat membutuhkan penggaris.
  • Pemukul 
    Nah.. kerjaan orang gak waras yang menggunakan smartphone sebagai pemukul/palu, tapi  bisa saja terjadi bagi sedikit orang yang ... (@_@) terpaksa kali yah.. Siapa tau kepepet, dan secara reflek memukulkan smartphonenya, tapi yang jelas, besar kemungkinan smartphone akan rusak.
  • Ganjal meja
    Menurut saya hal ini akan sangat jarang sekali banget dilakukan, kecuali mungkin lagi bikin konten youtube, dan yang dipakai smartphone yang sudah rusak. Lagian kalau smartphone dipakai buat ganjal meja bukannya tambah bener, malah jadi miring ... Becanda saja
  • Percobaan 
    Biasanya dilakukan oleh orang yang suka ngoprek dan banyak uang, terkadang juga dilakukan oleh youtuber untuk membuat konten ekstrim, sperti menguji ketahanan smartphone, atau melihat suatu hal yang terjadi bila smartphonenya berada dalam kondisi tertentu. Entah dibakar, ditenggelamkan di air, dilindas, dsb. Yang jelas jangan anda lakukan bila masih sayang smartphone-nya.

Demikian beberapa fungsi dan kegunaan smartphone android, mungkin masih ada beberapa yang terlewat, lain kesempatan saya tambah.
Previous Post
Next Post

Author:

Blog Iqna

adalah blog yang berbagi informasi, tips, tutorial seputar android, windows, hiburan, game, dan Informasi menarik lainnya, Semoga Bermanfaat.