Kamera Aksi, Kamera DSLR, dan Kamera Smartphone


Semua orang suka untuk berbagi kesenangan dan pengalaman yang luar biasa, beberapa dari mereka suka menceritakan pengalaman dengan kata-kata, dan yang lainnya suka berbagi pengalaman dalam bentuk gambar atau video.
Kamera adalah alat untuk merekam pemandangan dan acara menarik. Tujuan dari foto dan video dibuat sangat beragam, ada yang dibuat sebagai kenang-kenangan, sebagai dokumentasi, sebagai karya seni, sebagai foto bukti, berita dan sebagainya.

Seiring dengan semakin berkembangnya  teknologi, kecanggihan kamera juga berkembangkan sesuai dengan kebutuhan pengguna, kamera yang populer saat ini adalah kamera DSLR, kamera aksi (action cam), dan kamera Smartphone.
Berikut adalah ulasan singkat tentang tiga jenis kamera yang bisa menjadi pertimbangan sebelum membeli kamera

Kamera DSLR
Kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex Camera) adalah kamera digital yang menggunakan sistem cermin otomatis dan pentaprism atau pentamirror untuk mengirimkan cahaya dari lensa ke jendela bidik.
Spec: bervariasi, 10 MP - 24 MP, slot memori, Live view, monitor LCD, Optical Zoom, Digital zoom, dll
Kelebihan : Kualitas foto yang dihasilkan terbaik dibandingkan dengan sebagian besar jenis kamera lainnya dan cocok untuk kegiatan fotografi. Selain itu kamera DSLR juga fleksibel untuk menggunakan berbagai jenis lensa.
Kekurangan :
Harga lebih mahal daripada jenis kamera lainnya
Lebih berat dan besar dibandingkan dengan jenis kamera lainnya
Hanya dapat digunakan sebagai kamera
Pemula umumnya akan bingung ketika mengoperasikan Kamera DSLR dikarenakan banyaknya fitur dan tombol.

Kamera Aksi (Action Cam)
Kamera Action adalah kamera yang dirancang khusus untuk pengguna yang membutuhkan kamera canggih dengan daya tahan yang kuat dan dapat digunakan dengan mudah disegala tempat dan kegiatan.
Spec: Bervariasi, dari 12 MP hingga 16 MP, 1080 p video, ultra wide angle kaca, G-Sensor, Waterproof Wi-Fi,, built-in slot jauh, memori Wi-Fi, dll
Kelebihan :
Kecil dan ringan, ideal untuk wisatawan dan backpacker.
Daya tahan unggul dibandingkan dengan jenis kamera lain, terutama ketika digabungkan dengan aksesoris dan pelindung, kamera aksi bisa digunakan untuk kegiatan ekstrem seperti diving, terjun payung, dan sebagainya.
Kualitas Foto tidak sebagus kamera DSLR tapi sudah cukup baik untuk kebutuhan dokumentasi dan bersenang-senang (kegiatan ekstrim).
Harga relatif lebih murah daripada Kamera Smartphone dan kamera DSLR
Kekurangan :
Kualitas foto tidak sebagus kamera DSLR
Tidak memiliki fitur selengkap Kamera DSLR.
Hanya bekerja sebagai kamera
Karena ukuran yang kecil, maka battery akan cepat habis terutama ketika menggunakan Wi-Fi dan Remote Control

Smartphone Kamera
Sebuah Smartphone adalah gadget dengan banyak fungsi yang tujuan utamanya adalah sebagai alat telekomunikasi, seiring dengan perkembangan teknologi serta persaingan pasar, produsen smartphone berlomba-lomba merancang smartphone yang canggih dan dapat memenuhi harapan konsumen serta memenangkan persaingan bisnis, sehingga selain sebagai alat telekomunikasi, smartphone juga memiliki fitur cukup lengkap antara lain web browser, media sosial, media hiburan, game, kamera, dan fitur menarik lainnya.
Kualitas kamera pada smartphone canggih tidak kalah dengan kamera aksi, bahkan dengan banyaknya fitur pendukung, pengguna smartphone bisa menggunakan berbagai aplikasi untuk mengolah foto langsung pada smartphone, keuntungan lainnya adalah foto dari smartphone juga dapat dibagi langsung ke situs-situs media sosial.
Spec: Umumnya memiliki lensa dari 2 MP hingga 12 MP, lampu flash, autofocus, face detection, dll
Kelebihan :
Praktis, tidak perlu membawa banyak perangkat elektronik karena smartphone dapat digunakan sebagai perangkat telekomunikasi, browser internet, tersedianya aplikasi media jejaring sosial, media hiburan, kamera dan fitur lainnya.
Setelah mengambil foto dengan kamera, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk meningkatkan kualitas gambar atau Anda dapat mengedit foto langsung dengan smartphone Anda sebelum share ke situs media sosial.
Kekurangan :
Meskipun Smartphone high-end memiliki spesifikasi kamera yang tinggi, namun kamera smartphone rata-rata tidak sebagus kamera yang sebenarnya.
Kamera smartphone biasanya menguras baterai, sehingga bila menggunakan kamera berarti harus rela mengorbankan fungsi yang lainnya.
Sayang bila digunakan untuk kegiatan ekstrim.

Kesimpulan
Berdasarkan ulasan di atas, sebelum membeli kamera, Anda harus mempertimbangkan kebutuhan, jika tujuan Anda ingin membeli kamera untuk fotografi maka pilihan terbaik adalah kamera DSLR, jika tujuan penggunaan kamera untuk bersenang-senang dan kegiatan ekstrim, maka yang terbaik adalah menggunakan kamera tindakan, tetapi jika Anda adalah orang yang tidak suka ribet ketika aktivitas saya sarankan menggunakan smartphone.
Di samping kamera, kualitas gambar juga tergantung pada kemampuan dan teknik fotografi. Menghasilkan foto yang bagus dengan kamera mahal dan bagus adalah biasa, tapi menghasilkan foto yang bagus dengan kamera biasa adalah luar biasa.


Kamera Aksi, Kamera DSLR, dan Kamera Smartphone Kamera Aksi, Kamera DSLR, dan Kamera Smartphone Reviewed by IqbalNana on 22.00 Rating: 5
Tips Android, PC dan Video Hiburan | IqbalNana

Website IqbalNana berisi tips seputar aplikasi android & PC, video permainan, video hiburan, video lucu, template powerpoint, gambar animasi bergerak, gambar mewarnai serta informasi bermanfaat lainnya

Postingan Populer

Diberdayakan oleh Blogger.